Pengrajin Kerajinan Logam Melayani Pasar Kabupaten Sukamara

Pengrajin Kerajinan Logam Melayani Pasar Kabupaten Sukamara . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Desa Tumang tersebut diketahui sebagai sentra ahli seni ukir tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu family Cepogo mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Keahlian mengukir kuningan didapatkan secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menceritakan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, teko, & lainnya namun sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan eksterior masjid, kantor, & lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, saat ini, mulai menggeliat dg meningkatnya orderan, baik orderan nasional maupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari berbagai wilayah di Negara Kita & luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan meningkat cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya yaitu munculnya teknologi website. Dg munculnya teknologi internet maka akan membantu para pengrajin kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke seluruh wilayah & berbagai negara. Teknologi internet membantu para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke salatiga. Tak hanya itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan kuningan ke surabaya.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga yaitu robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, & lain-lain. Konsumen jg dapat memesan kerajinan sesuai dg keinginannya. Mereka dapat punya rancangan pribadi AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan bervariasi namun AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini yaitu beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi karena bahan baku yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu harganya jg murah karena bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu juga murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang tentu secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Problem lain, pebisnis Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh karena itu, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus berdoa kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan harus kreatif & harus memantau permintaan konsumen. Masa ini AA Gallery tidak hanya mendapatkan orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor tapi sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang design kubah dapat mengikuti keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak hanya satu saja tapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari kotawaringin barat. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah tahu cara untuk menghasilkan seni logam yang ber-quality & cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.