Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Bangka Barat

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Bangka Barat . Kampung Tumang, Cepogo berada di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Kampung Tumang tersebut dikenal sebagai sentra perajin kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo. Banyak family Boyolali memilih usaha di rumah kerajinan logam buat dijual ke banyak pasar. Ketrampilan mengolah logam didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, panci, teko, & sebagainya tetapi sekarang ini telah berganti ke kerajinan logam buat keperluan ornamen hotel, kantor, & lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo, baru-baru ini, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan terus tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari banyak wilayah di Negara Tercinta & luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yakni adanya teknologi cyber. Dengan adanya teknologi internet maka mau menolong para ahli kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah & manca negara. Teknologi internet amat menolong para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke gunung sitoli. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palembang.

Contoh Kerajinan Logam yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Konsumen jg dpt mengorder kerajinan logam sesuai dengan seleranya. Mereka dpt memiliki rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam amat bervariasi tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini yakni lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi karena bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya jg murah karena bahan yang dipakai jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari wilayah lain semestinya akan dikenai ongkir.

Permasalahan para pengrajin kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Problem lain, pengrajin Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dpt mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tersebut, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diharuskan kreatif & diharuskan memantau permintaan prospek. Saat ini AA Gallery tdk cuma mendapat orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi rumah tetapi telah bertambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah dpt mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk cuma satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari malang. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna menghasilkan kerajinan tembaga yang berkualiti & sesuai yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting pelanggan puas.